Saturday, 6 May 2017

Cara Memperbaiki Hard Disk Yang Rusak atau Bad Sector


Langkah - Langkah Mengatasi Hard Disk Yang Rusak

Cara Mengatasi HDD Bad Sector

hardisk yang rusak atau biasa di sebut Bad Sector, adalah kondisi dimana ada bagian pada hardisk (hardware) yang tidak bisa digunakan oleh sistem karena kerusakan atau kegagalan OS (Operating System) dalam mengaksesnya. Bad Sector terbagi menjadi 2 bagian, yaitu kerusakan secara fisik dan kerusakan secara software. bad secara fisik biasanya tejadi karena benturan pada hdd, debu, overheat dan lain lain. sedangkan secara software terjadi karena kesalahan dalam pengoperasian komputer, seperti virus, dan komputer yang dimatikan secara paksa dengan menekan langsung tombol power.

cara menngecek hardisk kamu bad sector atau tidak, kamu bisa menggunakan CMD (Command Prompt) untuk mengeceknya, yaitu dengancara: buka CMD > klik kanan Run As Administrator > lalu ketikan " CHKDSK C: "

Ciri - Ciri HDD Bad Sector

  • sering terjadi blue screen.
  • komputer hang secara tiba tiba.
  • proses baca dan tulis, serta penyimpanan data ke harddisk terasa lebih lama.
  • waktu starup yang lama

Cara Memperbaiki Hard Disk Bad Sector

perlu saya ingatkan terlebih dahulu, bahwa hardisk yang sudah terkena bad sector tidak akan sepenuhnya kembali normal. walaupun kamu sudah memperbaikinya bad sector akan kembali lagi, tetapi cara ini bisa kamu gunakan untuk sedikit memperpanjang umur HDD kamu, setidaknya sampai kamu mendapatkan gantinya sebaiknya cepat backup data kamu agar tidak hilang nantinya.

1. Lakukan Instal Ulang

cara pertama yang dapat kamu lakukan, dan menurut saya ini adalah cara yang paling ampuh, karena cara ini dapat sedikit lebih lama memperpanjang umur HDD kamu. yaitu melakukan instal ulang pada hdd yang rusak. instal ulang disini bukan instal ulang yang biasa kamu lakukan. sebelum melakukan cara ini sebaiknya backup terlebih dahulu data data kamu.
  • menghapus semua partisi pada hardisk pada saat instal ulang dan melakukan format. 
  • lalu buat partisi lagi, pada saat pembuatan partisi yang pertama sebaiknya gunakan 10-50GB. dan jangan gunakan partisi ini untuk media penyimpanan. dan untuk partisi kedua dan ketiga itu terserah kamu.
  • kerusakan pada hardisk biasanya terletak pada bagian awal, jadi kenapa disini kita membuat partisi pertama dengan ukuran yang kecil dan tidak boleh digunakan sebagai media penyimpanan karena disitulah letak kerusakannya.
  • jika kamu tidak menggunakan partisi pertama ini sebagai media penyimpanan maka, bad sector akan sedikit lebih lama pergerakannya karena tidak digunakan. dan komputer kamu akan menjadi normal kembali untuk waktu yang lebih lama.
baca juga: Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas Agar Tidak Lemot

2. Menggunakan Software

cara yang kedua yaitu dengan menggunakan software, kamu bisa menggunakan software untuk memperbaiki hdd yang rusak. seperti HDD Low Level Format, HDD Regenerator, atau Hiren's.
caranya cukup scan mengunakan aplikasi yang tadi sudah saya sebutkan, dan dia akan memperbaikinya dengan otomatis. dan untuk softwarenya kamu dapat mencarinya di google :)

3. Menggunakan Aplikasi Bawaan Windows

sebenarnya windows telah menyediakan aplikasi untuk mengatasi masalah ini, caranya adalah
  • buka windows explorer
  • klik computer > pilih partisi yang ingin kamu cek
  • klik kanan > properties > tools
  • lalu pada menu error checking klik check now
  • centang kedua pilihan dan klik start
proses pengecekan kerusakan ini cukup lama, jadi sangat disarankan untuk menggunakannya pada saat sedang tidak digunakan.
baca juga: cara merawat laptop agar awet dan tidak mudah rusak

Cara Menghindari Bad Sector

jika hard disk kamu baik baik saja, sebaiknya lakukan cara ini agar hdd kamu tidak terkena bad sector.

  • hindari benturan dan guncangan pada hdd
  • gunakan defragment pada hdd setidaknya 2 bulan sekali
  • bersihkan motherboard dari debu
  • jangan mematikan laptop/komputer dengan menekan langsung tombol power, gunakanlah fasilitas shutdown.

mungkin itu saja yang dapat k-umam bahas pada pembahasan kali ini, perlu saya ingatkan kembali bahwa bad sector itu tidak dapat di perbaiki secara total. jadi ketika ada bad sector pada hdd kamu sebaiknya kamu mulai menabung untuk membeli hard disk baru dan mulai membackup data.jika menurut kamu artikel ini menarik, silahkan share artikel ini dengan cara mengklik tombol share di bawah, dan silahkan berkomentar jika ada yang ingin ditanyakan :)

1 komentar so far


I've learn some excellent stuff here. Certainly worth bookmarking for revisiting. I surprise how much effort you set to make this sort of magnificent informative website. gmail log in


EmoticonEmoticon