Sunday, 7 May 2017

Cara Mengatasi Blue Screen of Death Yang Mudah

Upaya Mengatasi Blue Screen Dengan Mudah

para pengguna windows pasti sudah tidak asing lagi dengan kata Blue Screen

para pengguna windows pasti sudah tidak asing lagi dengan kata Blue Screen atau bahasa kerennya BSoD (Blue Screen of Death). blue screen adalah tampilan biru pada komputer yang berisi pesan STOP, pesan adanya kesalahan ini tidak menjelaskan dimana letak kasalahannya, ia hanya muncul begitu saja. hal ini biasanya terdapat pada OS (Operating System) Windows karena adanya kerusakan hardware atau software pada komputer/laptop. adanya kritikal error pada sistem windows ini menyebabkan semua aplikasi yang berjalan harus di hentikan.

ketika komputer/ laptop mengalami blue screen, hal ini menjadi pengalaman yang paling menyebalkan, apalagi bagi orang awam yang tidak mengerti mengenai komputer. oleh karena itu disini saya akan sharing bagaimana cara saya bagaimana cara membetulkan laptop/ komputer yang terkena blue screen. sebelum itu disini saya akan menjelaskan terlebih dahulu penyebab BSoD itu sendiri:

Penyebab Blue Screen

penyebab umum terjadinya hal ini adalah kerusakn hardware atau software. kerusakan software juga bisa menyebabkan BSoD, misalnya perangkat lunak yang berjalan pada kernel bios, seperti driver dll. dan untuk perangkat kerasnya bisa disebabkan kaerena adanya kerusakan pada HDD (Hard Disk) atau busa juga kerusakan RAM.

Cara Mengatasi Blue Screen

saat laptop/komputer kamu mengalami hal ini, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan panic, tenangkan pikiran kamu. coba lakukan Restar, dan tunggu hingga booting ulang.

jika hal ini masih terjadi coba gunakan system restore, jika kamu sudah membuat system restore sebelumnnya dengan cara: restar komputer kamu > lalu tekan F8 berkali kali hingga muncul menu pilihan booting > pilih safe mode > dan lakukan System Resotre

masih tidak bisa juga ? coba gunakan menu Repair System dengan menggunakan bootable windows. kamu bisa membuat bootable sendiri atau membelinya pada toko service komputer.
blue screen juga bisa disebabkan karena adanya beberapa file Operating System (OS) yang corrupt.

jika kamu sudah melakukan cara diatas sudah kamu lakukan, tetapi masih terjadi blue screen. berarti penyebabnya ada pada hardware.
pertama coba periksa bagian hdd, apakah masih bagus atau terjadi Bad Sector, jika terjadi bad sector maka kamu harus memperbaikinya, silahkan baca pada artikel saya sebelumnya Cara Memperbaiki Hard Disk Yang Rusak Atau Bad Sector

jika tidak terjadi apa apa pada hardisk kamu, maka sekarang coba cek RAM nya. dengan cara periksa apakah RAM kamu terpasang dengan baik. dan lakukan Windows Memory Diagnotic pada menu repair windows yang terdapat pada bootable windows.

jika menurut kamu artikel ini menarik, silahkan share artikel ini dengan cara mengklik tombol share di bawah, dan silahkan berkomentar jika ada yang ingin ditanyakan :)


EmoticonEmoticon