Friday, 28 April 2017

4 Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas Agar Tidak Lemot


4 Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas Agar Tidak Lemot

sebelumnya k-umam sudah membahas tentang Cara Merawat Laptop Agar Tidak Mudah Rusak Dan Awet - dan pada kesempatan kali ini saya ingin memberitahu kamu sedikit pengalaman saya mengenai Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas.
Laptop Cepat Panas

laptop yang cepat panas tentunya akan membuat aktifitas kamu dengan menggunakan laptop menjadi terganggu. laptop menjadi lemot dan bahkan bisa sampai freez tidak bisa di gerakan sama sekali. Laptop berbeda dengan Komputer/PC, walaupun laptop juga memiliki kipas pendingin sepeti PC tetapi kipas pendingin pada laptop tidak sehebat kipas pendingin PC.

laptop yang Overheat (panas berlebih) akan mempengaruhi performa mesin dan komponen - komponen yang ada pada laptop. karena komponen komponen laptop berbeda dengan PC, maka daya tahan laptop pun berbeda.

Bagaimana Cara Agar Laptop Tidak Cepat Panas?

disini saya akan memberi kamu bagaimana pengalaman saya untuk merawat laptop agar tidak mudah panas, agar pekerjaan kamu tidak terganggu.

1. Gunakan Cooling Pad

Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas

cara pertama yang dapat kamu lakukan saat laptop kamu cepat panas yaitu adalah menggunakan cooling pad. cooling pad merupakan teknologi yang memang di rancang untuk membantu menurunkan suhu panas laptop yang overheat dengan cara mengalirkan udara dari bawah laptop, agar sirkulasi udara menjadi lancar. menggunakan cooling pad memang dapat cepat menurunkan suhu laptop yang overheat, tetapi cooling pad juga mempunya dampat negativ. cooling pad dapat membawa debu masuk ke laptop kamu. jadi gunakan cooling pad pada tempat yang bersih, jangan gunakan cooling pad berlebihan, dan pilih cooling pad terbaik agar hal ini tidak terjadi.

2. Bersihkan Kipas Atau Heatsink Laptop

laptop yang digunakan terus menerus pastinya akan membawa debu masuk ke laptop kamu. debu yang tebal dan menempel pada komponen komponen laptop akan membuat laptop kamu cepat panas. komponen laptop yang biasanya terdapat banyak debu adalah Kipas Atau Heatsink Laptop, debu yang menempel pada kipas akan membuat kinerja kipas menurun. putaran kipas akan melambat dan laptop kamu cepat panas. jika kamu bisa membongkar laptop sebaiknya bersihkan  bagian dalam laptop kamu terutaman pada bagian kipas atau heatsink. jika tidak bisa, kamu dapat menggunakan vakum cleaner untuk menyedot debu melalui celah celah udara pada laptop.

3. Ganti Pasta Prosessor / Thermal Paste

Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas

jika sudah membersihkan komponen komponen laptop tetapi laptop kamu masih panas juga berarti thermal paste pada laptop kamu sudah kering. jika hal ini terjadi maka laptop kamu akan cepat sekali panas, dan bahkan bisa sampai Blue Screen. Thermal Paste (Pasta Prosessor) adalah sebuah teknologi yang dapat mengurangi panas pada laptop dengan cara menyalurkan panas dari prosessor ke heatsink. jika kamu sedang membongkar laptop untuk membersihkannya dari debu, sebaiknya cek Thermal Pastenya juga, jika sudah kering segera cepat cepat ganti. dan kamu dapat membeli thermal paste pada toko aksesoris komputer atau di toko online. semakin mahal harga thermal paste, semakin bagus juga kerja thermal paste untuk mengurangi panas pada laptop kamu.

4. Pastikan Sirkulasi Udara Laptop Baik

ketika kamu menggunakan laptop, pastikan kamu menggunakannya di tempat yang benar. maksudnya adalah jangan meletakan laptop di tempat yang dapat menghambat sirkulasi udara pada laptop. contohnya di atas kasur, jika kamu mengoperasikan laptop kamu di atas kasur maka laptop kamu akan cepat panas. coba kamu letakan laptop kamu di atas kasur dan perhatikan, apakah sirkulasi udara laptop kamu akan berjalan dengan baik jika di operasikan di atas kasur? tentunya tidak, karena sirkulasi udara pada laptop akan tertutup. udara panas yang tidak dapat keluar akan membuat laptop kamu overheat.


itu dia tadi sedikit pengalaman saya untuk "4 Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas Agar Tidak Lemot". hal hal sepele seperti mengoperasikan laptop pada tempat tidur dapat membuat laptop kamu cepat panas. jadi selalu perhatikan terus penggunaan laptop kamu agar laptop tidak cepat panas. jika laptop kamu tidak cepat panas berarti laptop kamu tidak mudah lemot, dan pekerjaan kamu menggunakan laptop akan menyenangkan.

jika menurut kamu artikel ini menarik, silahkan share artikel ini dengan cara mengklik tombol share di bawah, dan silahkan berkomentar jika ada yang ingin ditanyakan :)

1 komentar so far


EmoticonEmoticon